PHOTOGRAPHER & BLOGGER

Meh syh Schlitz, tempor duis single-origin ea next level ethnic ipsn dsrumdo larame timedos metssole coffee mekel.

Follow Me

Home » Cara Membuat Crud Dengan PHP dan MySQL Dengan Cepat
Cara Membuat Crud Dengan PHP dan MySQL Untuk Pemula Dengan Cepat

Cara Membuat Crud Dengan PHP dan MySQL Dengan Cepat

Bona Forum Artikel – Cara membuat crud dengan PHP dan MySQL untuk pemula sangat penting untuk dipelajari jika Anda ingin mengembangkan website. Dengan menggunakan operasi tersebut bisa menjadikannya sebagai inti untuk melakukan proses pengelolaan data pada website. Walaupun Anda pemula, Anda akan bisa mempelajarinya dengan mudah disini agar bisa membuat website yang terbaik.

Mengenal Crud

Jika Anda merupakan orang yang familiar dengan pembuatan website, pasti sudah tidak asing lagi dengan crud. Para pemula pun ingin mengetahui lebih banyak mengenai crud karena akan berhubungan dengan pembuatan website agar bisa menjadi lebih baik. Anda juga bisa melakukan pembelajaran cara menggunakan firebase.

Crud merupakan singkatan dari Create, Read, Update, dan Delete. Crud sangat penting untuk diterapkan karena akan sangat berkaitan erat dengan transaksi dari atau menuju database. Penggunaannya sangat krusial karena berhubungan dengan data transaksi jika diterapkan pada perusahaan tertentu.

Crud juga kerap kali dikenal sebagai operasi crud. Operasi ini menjadi pilar atau dasar agar bisa mendapatkan proses pengelolaan data. Pengelolaan data ini dibuat dengan menggunakan PHP dan juga MySQL database. Crud juga diibaratkan menjadi koneksi yang akan menghubungkan PHP dengan MySQL.

Bagian-Bagian Didalam Crud

Create dalam crud mempunyai makna pembuatan data baru. Pada prosesnya, biasanya dilakukan ketika akan mendaftar pada halaman website. Data yang Anda masukkan tersebut nantinya akan disimpan didalam sebuah database yang menggunakan operasi create tersebut. Anda juga bisa mempelajari cara menggunakan proteus.

Selanjutnya, pada crud juga terdapat read. Read adalah proses pengambilan data yang dilakukan dari database. Biasanya, proses ini terjadi apabila Anda ingin melakukan login pada website tertentu. Ketika Anda melakukan klik pada opsi login maka website akan menjalankan operasi read agar bisa melakukan verifikasi pada akun yang digunakan.

Contoh lainnya adalah ketika Anda mengakses sebuah website, maka proses read juga akan berjalan. Hasil tersebut nantinya akan ditampilkan pada browser yang bisa untuk Anda lihat. Hal ini akan memudahkan pengguna dalam menggunakan website. Crud juga bisa diaplikasikan pada cara membuat classroom di laptop.

Kemudian, terdapat juga update pada operasi crud. Pada update tersebut akan melakukan perubahan data yang terdapat didalam database. Contohnya adalah apabila Anda ingin melakukan perubahan profil pada sosial media. Anda akan memilih opsi ubah dan kemudian website akan melakukan update pada database. Database akan merespon dengan cara mengubah data lama menjadi data baru. Data tersebut akan ditampilkan pada sosial media Anda.

Bagian dari operasi CRUD yang terakhir adalah delete. Pada prosesnya, delete merupakan proses penghapusan data yang terdapat didalam database. Sebenarnya, pada prosesnya mirip seperti yang dilakukan pada proses update.

Hanya saja, ketika menggunakan proses delete maka data yang sebelumnya ada pada database akan hilang secara permanen. Anda juga bisa mendapatkan informasi tambahan dengan maixduino tutorial.

Bagaimana Cara Membuat Crud Dengan PHP dan MySQL?

PHP dan MySQL merupakan komponen yang sering digunakan oleh para developer aplikasi website untuk mengembangkannya. PHP merupakan bahasa pemrograman yang mempunyai fungsi untuk bisa menjalankan operasi crud. Kemudian, MySQL akan membantu untuk menyimpan database website.

MySQL tidak hanya bisa diakses dengan menggunakan PHP. MySQL bisa juga diakses dengan menggunakan bahasa pemrograman lain. Bahasa pemrograman tersebut misalnya adalah Python, Javascript, dan berbagai bahasa pemrograman lainnya yang bisa digunakan untuk akses MySQL. Terlebih dahulu Anda bisa mencari tahu cara menggunakan python di windows.

PHP bisa menggunakan berbagai server database lainnya. Seperti misalnya adalah MongoDB, PostgreSQL, dan berbagai jenis server database lainnya. Untuk memudahkan Anda dalam membangun website, berikut ini akan dijabarkan contoh untuk penggunaan PHP dan MySQL.

Berikut ini adalah cara membuat crud dengan PHP dan MySQL untuk pemula:

  1. Melakukan Pembuatan Tabel Database

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah membuat tabel database. Pada operasi crud harus menggunakan data. Sehingga, hal yang perlu Anda lakukan pertama adalah membuat crud dengan menggunakan database MySQL. Langkah pertama adalah Anda harus membuat  database yang kemudian dimasukkan pada tabel.

Pada Query bisa ditambahkan berbagai komponen variabel sesuai dengan isi website yang ingin Anda buat. Berbagai variabel tersebut bisa ditentukan sesuai dengan penggunaan website nantinya. Pastikan database agar menggunakan perintah show tables agar database berhasil untuk dibuat. Cara ini juga diterapkan untuk django shop tutorial.

  1. Melakukan Pembuatan File Config

Jika sudah melakukan persiapan pada database, maka Anda bisa melakukan koneksi agar PHP bisa terhubung pada MySQL. Anda hanya tinggal membuat sebuah file yang didalamnya berisikan script PHP yang bisa melakukan koneksi. Script tersebut nantinya bisa disimpan dengan menggunakan nama config.php. File tersebut akan digabungkan dengan file lain dengan fungsi PHP require_once.

  1. Melakukan Pembuatan Landing Page

Apabila sudah melakukan pembuatan data dan koneksi PHP ke database, maka Anda perlu untuk melakukan pembuatan tempatnya agar bisa menampilkan data tersebut. Pada bagian ini, Anda harus membuat landing page untuk mengaplikasikan crud. Landing page akan menampilkan hasil pembuatan dari database yang sudah dilakukan.

Pada landing page akan terdapat berbagai ikon yang merupakan hasil rekaman dari database. Icon ini bisa digunakan untuk menjalankan berbagai perintah. Seperti misalnya adalah perintah untuk update, delete, dan menampilkan berbagai informasi atau data yang dibutuhkan.

  1. Melakukan Pembuatan Halaman Create

Langkah selanjutnya sudah masuk kedalam operasi crud. Hal pertama yang perlu untuk dilakukan adalah melakukan pembuatan halaman create. Dengan create akan memasukkan berbagai data kedalam database. Biasanya, file create akan disimpan dengan format nama create.php. Anda bisa menggunakan github untuk mengaplikasikan cara menggunakan source code dari github.

  1. Melakukan Pembuatan Halaman Read

Kemudian, Anda harus melakukan pembuatan halaman read. Halaman read ini dibuat ketika file yang bertugas untuk memasukkan data sudah Anda punya. Dengan menggunakan read akan bisa untuk membaca data yang terdapat pada database tersebut yang akan menampilkannya dengan bentuk tabel. File ini biasanya disimpan dengan menggunakan nama read.php.

  1. Melakukan Pembuatan Halaman Update

Jika sudah melakukan pembuatan halaman create dan read, maka selanjutnya Anda bisa membuat halaman update. Halaman update ini digunakan untuk bisa mengubah data yang sudah disimpan. File update bisa disimpan dengan menggunakan nama update.php. Kemudian, Anda juga bisa menambahkan baris kode yang bisa mengarahkan pada halaman lain untuk mengubah informasi.

  1. Melakukan Pembuatan Halaman Delete

Selain create, read, dan update, ada juga halaman lain yang perlu untuk dibuat yaitu halaman delete. Halaman delete ini nantinya digunakan untuk bisa menghapus informasi yang sudah masuk kedalam database. File delete bisa disimpan dengan nama delete.php yang dimasukkan baris kode. Baris kode tersebut akan berguna untuk membantu apabila icon delete di klik maka akan menghapus informasi. Jangan lupa untuk pelajari juga cara menggunakan proteus.

  1. Melakukan Pembuatan Halaman Error

Langkah terakhir untuk menyempurnakan pembuatan crud adalah melakukan pembuatan halaman error. Hal ini dilakukan karena terkadang ada saja baris kode yang bermasalah. Agar Anda tidak perlu mendeklarasikan error pada setiap file, maka Anda bisa membuat halaman error tersendiri.

Halaman error ini akan menampilkan pesan error apabila logika maupun baris kode yang diterapkan bermasalah. Untuk pembuatan halaman error ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau peruntukkan dari website. Cara membuat crud dengan PHP dan MySQL untuk pemula sudah selesai. (*)

Baca juga: Tutorial Scala, Pengenalan Bahasa Pemrograman Ini dan Cara Install

Tinggalkan Balasan