PHOTOGRAPHER & BLOGGER

Meh syh Schlitz, tempor duis single-origin ea next level ethnic ipsn dsrumdo larame timedos metssole coffee mekel.

Follow Me

Home » Tutorial SAS Untuk Programer Pemula
Tutorial SAS Untuk Programmer Pemula

Tutorial SAS Untuk Programer Pemula

Bona Forum Artikel – Salah satu tutorial membuat aplikasi android yang bisa dipilih adalah SAS atau Sistem Aplikasi Satker. SAS sendiri merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk unit satuan kerja  bagi pengguna KPPN. Dari aplikasi ini, Anda bisa membuat surat perintah membayar yang dijadikan KPPN untuk menerbitkan surat pencairan dana.  Setelah itu dana APBN bisa dicairkan.

Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan oleh bendahara untuk membuat LPJ atau laporan pertanggungjawaban, baik untuk penerimaan dana ataupun pengeluaran dana.  Aplikasi ini sudah memiliki update yang cukup banyak. Nah, untuk menggunakannya ikutilah tutorial SAS berikut ini.

Mengisntal Aplikasi SAS

Sebelum menggunakannya, tentu harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Cara ini supaya lebih mudah untuk diproses.

  1. Ada dua file yang harus di download yaitu isntall database dan install aplikasinya. Anda bisa mencari linknya dan memilih versi SAS sesuai keinginan.
  2. Pertama mulailah dari aplikasi yang sudah terinstall. Klik kanan dan pilih run as administrator. Klik oke, next, dan finish. Cara ini bisa diulangi untuk menginstall databasenya
  3. Lakukan update versi SAS secara berkala mulai dari yang pertama sampai dengan yang terakhir. Cara updatenya sendiri cukuplah mudah, klik kanan dan menuju run as administrator. Klik oke, selanjutnya Anda bisa mengisi user dan passwordnya. Terakhir pilih update maka prosesnya selesai.

Meskipun sudah terinstall, aplikasi ini harus di setting terlebih dahulu. Untuk itu baca tutorial SAS secara lengkap.

Melakukan Transfer  Pagu

Saat tahap install sudah selesai, Langkah yang bisa dilakukan adalah  melakukan transfer pagu.  Ini dia hal-hal yang perlu disiapkan.

  1. PDF DIPA dab ADK
  2. Data yang digunakan untuk pengelolaan satker berupa nama dan NIP.
  3. Memberikan data rekening baik penerimaan dan pengeluaran.
  4. Adanya petunjuk pembukaan rekening.

Bila data tersebut sudah ada masuklah ke  SAS dengan menggunakan user admin. Pilih menu transfer pagu. Klik LOV yang berada di lambag titik tiga.  Masukkan data yang sudah di siapkan.  Di sana akan ada tanda panah hijau, kilk, dan masukkan kode yang diminta. Tunggu hingga proses transfer selesai.

Langkah selanjutnya melakukan pembagian pagu.  Caranya bisa lakukan mengikuti arahan pada menu pagu.

Melakukan Setting Nomor SPP, User, dan KPPN

Masuklah ke dalam user admin, di sana aka nada menu referensi , klik dan pilih user.  Ada 3 user yang bisa disetting, untuk itu siapkan ketiga data tersebut. Bila sudah pilih rekam dan masukan kode  untuk pelevelan.  Tahap akhir adalah melakukan rekam supplier.

Nah, itulah tadi tutorial SAS yang bisa Anda pelajari. Perhatikan secara teliti sebelum menggunakan aplikasi. Persiapkan persyaratan supaya lebih mudah dan cepat. (*)

Baca Juga: Tutorial Paling Mudah Untuk Belajar Codeigniter 3 Sebagai Pemula

Tinggalkan Balasan