PHOTOGRAPHER & BLOGGER

Meh syh Schlitz, tempor duis single-origin ea next level ethnic ipsn dsrumdo larame timedos metssole coffee mekel.

Follow Me

Home » Yuk Cicipi Aneka Makanan Khas Parigi Moutong Berikut Ini!
makanan khas parigi moutong

Yuk Cicipi Aneka Makanan Khas Parigi Moutong Berikut Ini!

Bona Forum Artikel – Saat bepergian ke berbagai daerah di Tanah Air, khususnya di Parigi moutong kurang afdol rasanya jika Anda tidak mencicipi sajian makanan khas daerah tersebut. Anda dapat meluangkan waktu untuk berwisata kuliner di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Ya, kabupaten yang pernah menjadi tuan rumah dalam acara Hari Pangan Sedunia Tahun 2020 yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober ini ternyata memiliki aneka sajian makanan khas Parigi Moutong yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

Lantas, apa saja kira – kira aneka makanan khas dari daerah Parigi Moutong yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan kuliner yang wajib untuk Anda cicipi di daerah tersebut? Nah, jika Anda penasaran dan ingin tahu informasi lebih jelasnya, maka bisa menyimak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Makanan Kuliner Khas Parigi Moutong Berbahan Dasar Jagung Bernama Binte

Salah satu makanan khas Parigi Moutong yang wajib Anda cicipi ketika singgah di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah yakni bernama Binte. Ya, Binte ini merupakan salah satu makanan khas di daerah tersebut yang mana terbuat dari bahan dasar jagung dan biasanya sering disajikan bersama suwiran ikan tongkol maupun ikan tuna yang sebelumnya sudah dimasak terlebih dahulu. Apabila kita melihat secara sekilas, makanan khas bernama Binte ini hampir mirip dengan sup.

Adapun demi memperkaya cita rasa makanan yang ada, Binte sendiri biasanya sering ditambahkan dengan racikan bumbu yang beraneka ragam ketika membuat olahan sup kuahnya. Disini, Binte biasanya sering kali dilengkapi dengan aneka rempah – rempah, jeruk nipis, cabai sampai dengan daun pepaya untuk menggugah cita rasa makanan khas di dalamnya.

Makanan Khas Parigi Moutong Bercita Rasa Legit, Labia Dange

Tidak hanya makanan Binte saja, Anda juga bisa menemukan makanan khas Parigi Moutong lain seperti halnya Labia Dange atau disebut juga dengan Sagu Dange. Makanan ini merupakan salah satu kudapan tradisional di daerah tersebut yang mana memiliki cita rasa yang legit. Bahan dasar pembuatan makanan ini yakni terbuat dari bahan dasar sagu.

Untuk proses pembuatan Labia Dange ini sendiri yakni dengan cara memasak bahan dasar sagu menggunakan wajan yang sebelumnya sudah dipanaskan dengan tungku dari tanah liat. Dengan pengolahan makanan yang cukup sederhana ini, menjadikan cita rasa dari Labia Dange begitu khas dan lezat di lidah. Biasanya, sajian makanan Labia Dange ini dimakan bersama dengan ikan atau bisa juga dengan gula merah.

Kapurung, Makanan Yang Khas Dari Parigi Moutong Lezat dengan Bahan Dasar Sagu

Makanan khas Parigi Moutong yang juga dimasak dengan bahan dasar sagu yakni Kapurung. Secara rasa, makanan Kapurung ini memiliki cita rasa yang gurih. Adapun dalam pengolahannya sendiri, sagu dipadukan dengan kaldu ikan, sayuran, buah manga dan juga daging udang untuk menghasilkan cita rasa yang lezat dan menggoda di lidah. Bukan hanya rasa gurih saja yang dihasilkan, Kapurung ini juga memiliki cita rasa pedas yang dihasilkan dari kaldu ayam dan asam dari manga.

Proses pembuatan Kapurung sendiri dimulai dari sagu yang dimasak terlebih dahulu. Setelah itu, sagu akan disiram dengan kaldu ikan dan ditambahkan dengan sayuran, buah manga dan daging udang. Bagi Anda yang suka dengan makanan pedas, maka bisa menambahkan cabai pada makanan Kapurung yang satu ini.

Lalampa, Makanan Khas yang Memiliki Bentuk Seperti Lemper

Seperti namanya, makanan khas Parigi Moutong Lalampa ini jika dilihat secara sekilas bentuknya mirip seperti lemper. Meski demikian, untuk isian dari Lalampa sangat berbeda jauh dari lemper. Bahan dasar pembuatan Lalampa ini sendiri yakni berupa beras ketan, santan, beraneka macam bumbu khas dan juga ikan cakalang. Semua bahan yang ada ini nantinya akan dibungkus menggunakan daun pisang dengan dibentuk lonjong dan dimasak dengan cara dibakar.

Makanan Lalampa ini sendiri memiliki aroma yang khas dari ikan cakalang yang mana menjadi salah satu bahan pembuatannya. Sementara itu, untuk rasa yang dihasilkannya tidak perlu ditanyakan lagi. Sebab, sudah pasti rasanya begitu lezat dan sangat berbeda dengan makanan – makanan khas lain yang dimasak dengan cara dikukus.

Makanan Khas Kue Paranggi

Kue Paranggi atau dikenal dengan nama bolu gula ini juga menjadi salah satu makanan khas Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Kue ini sendiri terbuat dari bahan dasar gula merah yang menghasilkan cita rasa manis dan terasa lezat di lidah. Umumnya, makanan ini menjadi salah satu kue yang wajib untuk Anda coba ketika berlibur ke Sulawesi Tengah.

Mengenai cara pembuatannya sendiri, Kue Paranggi ini dibuat dengan cara gula merah yang diiris tipis kemudian ditambahkan dengan teluk yang sudah dikocok, baking soda, gula pasir dan tepung terigu. Semua bahan diaduk hingga merata dan setelah itu tinggal masukkan ke dalam cetakan dan dikukus hingga kue benar – benar matang sempurna.

Makanan Berkuah Milu Siram

Makanan khas Parigi Moutong yang memiliki nama unik ini merupakan salah satu jenis makanan berkuah yang terbuat dari bahan dasar jagung muda. Di kalangan masyarakat setempat, makanan ini sering disebut dengan Binte Biluhuta. Bukan hanya jagung saja sebagai bahan dasar pembuatannya, makanan ini juga dilengkapi dengan beberapa bahan lain yang mana dapat dijumpai di Milu Siram. Seperti halnya yakni toping ikan atau udang untuk menciptakan cita rasa lezat di dalamnya.

Keunikan dari makanan Milu Siram ini yakni memiliki beraneka macam varian rasa yang bisa dipilih sesuai pilihan para penikmatnya. Disini, tersedia varian rasa pedas, manis dan juga asin. Bagi Anda yang ingin mencoba makanan khas Milu Siram ini bisa menyesuaikan dengan cita rasa yang diinginkan.

Sajian Makanan Khas Bercita Rasa Pedas dari Onyop

Ketika Anda berwisata kuliner di Sulawesi Tengah, maka wajib untuk mencicipi salah satu makanan khas Parigi Moutong bernama Onyop yang satu ini. Ya, makanan ini merupakan makanan berbentuk bubuk dari sagu yang disajikan bersama belimbing asam dan lemon jeruk serta menawarkan cita rasa pedas dan asam. Umumnya, Onyop disantap dengan menggunakan kuah asam ikan untuk menghasilkan rasa yang bercampur antara rasa pedas dan asam di dalamnya.

Proses pembuatan Onyop sendiri dimulai dari bahan dasar sagu yang diuleni kemudian dikukus hingga matang. Kebanyakan orang menyebut jika Onyop ini sekilas hampir mirip dengan Papeda. Sehingga bisa dikatakan jika makanan khas Onyop ini sebagai papedanya Sulawesi Tengah. Hal ini dikarenakan, Onyop sendiri memiliki kesamaan berupa bahan dasar pembuatannya yakni dari sagu.

Dari beberapa makanan khas Parigi Moutong yang disebutkan satu persatu di atas, apakah ada makanan yang kira – kira tertarik untuk Anda cicipi sekarang juga? Jika iya, maka Anda bisa mengatur jadwal liburan akhir pekan ke Sulawesi Tengah dan mencicipi aneka makanan khas yang menggugah selera Anda. anda juga dapat mengunjungi portal berita parigi moutong (*/Fan)

Baca: Museum Termegah Tempat Wisata Seni Populer Dunia Berkualitas Tinggi

Tinggalkan Balasan